Sabtu, 06 Juni 2015

Bdellovibrio bacteriovorus

Edit Posted by with 33 comments
Bdellovibrio bacteriovorus:
Bakteri Predator bakteri

            Seperti yang kita tahu, bakteri merupakan makhluk kecil yang  mengerikan bagi manusia juga hewan karna banyak menyebabkan penyakit dari berbagai tingkatan. Mulai dari tingkat yang tidak membahayakan hingga tingkat yang paling berbahaya dan menyebabkan kematian. Bakteri memang erat kaitannya dengan penyebab penyakit, salah satu contohnya yaitu penyakit TBC yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis seperti yang telah saya bahas di postingan blog sebelumnya. Banyaknya anggapan tentang bakteri sebagai penyebab penyakit atau patogen pada manusia juga hewan, membuat saya mulai tertarik untuk membahas bakteri yang menjadi patogen bagi bakteri lainnya. Bakteri tersebut yaitu  bdellovibrio bacteriovorus ‘si bakteri pemburu bakteri’.
Kingdom:          Bakteri
Filum                Proteobacteria
Class                 Delta Proteobacteria
Family              Bdellovibrionales
Ordo                Bdellovibrionaceae
Genus               Bdellovibrio 
Species:             Bdellovibrio bacteriovorus 


Nama Bdellovibrio bacteriovorus berasal dari bahasa Yunani dimana, "Bdello" berarti "lintah", dan "bacteriovorus" yang berarti "bakteri makanan". Berdasarkan makna yang terkandung dalam namanya, jelas bahwa bakteri ini memburu dengan cara menghisap nutrisi pada inangnnya berupa bakteri pula. Bakteri ini berukurang kecil sekitar sekitar 0.2 – 0.5 nm x 0,5-1,4 μm, lebih kecil dari bakteri lain tentunya. Struktur tubuhnya berbentuk batang dan melengkung. Terdiri dari filamen flagella dalam suatu membran yang dikelilingi oleh selubung basal. Memiliki pili tipe IV yang digunakan untuk menempel pada mangsa dan flagellanya berhenti bergerak setelah menembus mangsa. Bakteri ini Tidak memiliki gen yang dapat mensintesis dan degradasi asam amino tertentu.
Bdellovibrio bersifat aerob obligat, dan tumbuh optimal pada suhu 28-300C. Habitatnya yaitu pada tanah, air tawar, kulit manusia, limbah serta usus manusia dan hewan seperti kuda dan unggas. Meskipun dapat hidup pada manusia dan juga hewan, ingat! Bakteri ini hanya memburu dan menghisap nutrisi yang terkandung dalam bakteri gram negative lainnya seperti Enterobacteriaceae, Escherichia Coli, Salmonela, Pseudomona dan sebagainya. loh, bukankah B. bacteriovorus juga termasuk dalam bakteri gram negatif? Ya, emang benar B. bacteriovorus termasuk dalam bakteri gram negatif, namun dia tidak bisa memangsa bakteri sejenis atau yang lebih kecil lagi karena tidak mempunyai ruang yang cukup untuk elongasi.
            Bakteri ini tidak bisa memdeteksi mana bakteri yang merugikan dan mana yang menguntungkan contoh Azotobacter, dll. Bdellovibrio menginfeksi bakteri gram negatif mangsa dengan menabrak mereka pada kecepatan yang tercatat hingga 160 pM /s, dan menempel pada membran luar sel buruan menciptakan pori-pori di dalamnya. Lalu ia akan masuk ke dalam ruang periplasma, yaitu ruang di antara membran bagian luar dan membran bagian dalam bakteri mangsanya. Periplasma hanya dimiliki bakteri jenis Gram negative. Dari sini ia akan membentuk struktur yang disebut bdelloplast dan memulai menggunakan nutrien dari sitoplasma bakteri mangsanya untuk hidup dan berkembang. Setelah ia menguras habis nutrien tersebut, bdelloplast akan terbagi - bagi menjadi beberapa Bdellovibrio baru, yang kemudian mengalami maturasi dan akan memecah sel bakteri mangsanya untuk keluar dan mencari mangsa baru. Semua itu dapat terjadi dalam waktu hanya sekitar 3.5 jam.

Bdellovibrio bacteriovorus HD100 adalah strain sequencing dan memiliki genom 3,8 Mb, menunjukkan bahwa meskipun Bdellovibrio telah berevolusi untuk menyerang dan "makan" bakteri lain, mereka tidak kehilangan sejumlah besar gen, seperti halnya dengan bakteri yang benar-benar parasit yang mengandalkan host mereka. Interaksi antara Bdellovibrio dan bakteri lainnya bisa dianggap sebagai predator daripada parasit. Bdellovibrio tumbuh, berkembang biak di dalam tubuh mangsanya dalam waktu 15 menit, menyebabkan masnganya menjadi lisis dan menyebar Bdellovibrio anakan. Sehingga Bdellovibrio dikembangkan menjadi agen terapi juga sebagi anti biotik, bagi bakteri yang kebal terhadap antibiotik biasa.
Bdellovibrio ini juga sering ditemukan di habitat buatan manusia, rizosfer akar tanaman dan tinggal di saluran usus mamalia tertentu, hal ini juga telah diamati untuk mengurangi patogen dalam usus mamalia. Selain itu Bdellovibrio berguna untuk pemurnian air limbah karena mengurangi jumlah bakteri yang hanya ber-dinding gram negatif. Tak hanya itu, Bdellovibrio dapat juga di gunakan untuk menyerang biofilm. Seperti yang telah di paparkan oleh Kadouri dan O’Toole di tahun 2005 bahwa Bdellovibrio dapat digunakan untuk menyerang biofilm. Biofilm merupakan kumpulan berbagai bakteri yang membentuk struktur protektif sehingga mereka lebih sulit diberantas. Di alam, biofilm dapat ditemukan di berbagai tempat mulai dari permukaan bebatuan di sungai, permukaan pipa air, permukaan alat – alat medis, bahkan permukaan gigi.
            Dengan begitu Bdellovibrio bacteriovorus merupakan kawan manusia selama yang dia buru adalah musuh manusia. Bakteri inilah salah satu kawan baik manusia karna dapat melumpuhkan bakteri lain patogen pada manusia dan juga hewan. Meskipun demikian tetap saja penggunaannya harus memperhatikan semua aspek agar tidak berbalik menjadi musuh manusia.
           


Reference terbaik untuk dibaca :
·    Kadouri D & O’Toole GA. 2005. Susceptibility of biofilms to Bdellovibrio bacteriovorus attack. Appl Environ Microbiol 71:4044-4051.
·    Lambert C, Morehouse KA, Chang CY, Sockett RE. 2006. Bdellovibrio: growth and development during the predatory cycle. Curr Opin Microbiol 9:639-644.
·    Bdellovibrio sebagai agen terapi, Sockett RE, Lambert C, alam Ulasan Mikrobiologi, 2, 669-644, 2004
·    Sebuah kedoknya pemangsa: siklus hidup Bdellovibrio bacteriovorus dari genom suatu prespektif, Rendulic S, Jagtap P, Rosinus A, Eppinger M, Baar C, Lanz C, Keller H, Lambert C, Evans KJ, Goesmann A, Meyer M, Sockett RE, Schuster SC, Sains, 303, 689-692, 2004.

33 komentar:

  1. Selamat lebih tengah malam, super sekali kakak muslimah kalau membuat artikel, namun disini saya ingin bertanya Bdellovibrio bacteriovorus t umbuh optimal pada suhu 28-300C, bagaimana pertumbuhan bakteri tsb jika suhu dibawah atau diatas 28-300C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kakak encus yang cantiiik..... seperti kita tahu.... Suhu dapat sangat mempengaruhi mikroba. Apabila suhu naik maka kecepatan metabolisme naik dan pertumbuhan dipercepat. Sebaliknya apabila suhu turun, maka kecepatan metabolisme akan menurun dan pertumbuhan diperlambat. Apabila suhu naik atau turun secara drastis, tingkat pertumbuhan akan terhenti, kompenen sel menjadi tidak aktif dan rusak, sehingga sel-sel menjadi mati. maka dari itu suhu optimum diperlukan untuk menujukan suhu dimana bakteri akan tumbuh secara optimal.... pada bacteri Bdellovibrio, suhu 28-300C lah yang optimal.

      Hapus
  2. selamat malam, artikel yang anda tulis sangat menarik, bakteri yang memburu bakteri ya..
    rupanya bakteri tersebut dapat mengenali dan membedakan antara gram positif dan gram negatif serta dapat membedakan mana sel bakteri dan sel manusia, dalam hal tersebut adakah bagian dari bakteri tersebut yang berdiferensiasi khusus untuk mengenali sel mangsa? Atau hanya mengandalkan komposisi kimia yang terkandung di dalam tubuhnya (B. Bacteriovorus)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kakak.... mmmm sedikit menanggapi pernyataan kakak abdana... bakteri ini tidak bisa mendeteksi atau mengenali mangsanya.... dia hanya bisa memangsa bakteri gram negatif yang ukurangnya lebih besar darinya... itu karna makanannya adalah kandungan nutrisi yang ada di dalam bakteri gram negatif lainnya. dengan kata lain.... bakteri bdellovibrio hanya memangsa bakteri gram negatif saja... selain itu dia tidak memburunya.... dan untuk alat pendeteksi.... saya pun masih belum mendapat keterangan lebih jelas... mungkin saja di pili tipe IV Bdellovibrio dapat mendeteksinya...

      Hapus
    2. baiklahh..terimakasih saudari ziatul

      Hapus
  3. Pada artikel andadijelaskan bahwa Bdellovibrio bacteriovorus merupakan bakteri yang memiliki kemampuan menyerang atau bahkan memakan bakteri lain. Pertanyaan saya, jika bekteri tersebut berada di dalam tubuh manusia, apakah bakteri tersebut mampu menyerang sel-sel tubuh manusia dan menjadi membahayakan ? terimkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kakak...bakteri ini tidak bisa mendeteksi atau mengenali bakteri baik dan buruk... meskipun begitu....dia bisa memburu bakteri gram negatif yang ukurangnya lebih besar darinya... itu karna makanannya adalah kandungan nutrisi yang ada di dalam bakteri gram negatif lainnya. dengan kata lain.... bakteri bdellovibrio hanya memangsa bakteri gram negatif saja... selain itu dia tidak memburunya...
      sudah dilakukan penelitian pada usus mamalia dan unggas seperti yang dijelaskan pada jurnal http://aem.asm.org/content/77/16/5794.full

      Hapus
    2. waah seperti itu ya :D
      jadi jika Bdellovibrio bacteriovorus berada di dalam tubuhmanusia tidak berbahaya ya..

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum zia,,,
    di artikel ini di jelaskan bahwa benar B. bacteriovorus hanya memangsa bakteri gram negatif tetapi B. bacteriovorus juga termasuk dalam bakteri gram negatif, namun dia tidak bisa memangsa bakteri sejenis atau yang lebih kecil lagi karena tidak mempunyai ruang yang cukup untuk elongasi. Mohon dijelaskan kembali apa maksudnya? lalu zat/nutrien apakah yang dapat diambil dari bakteri gram negatif oleh B. bacteriovorus sehingga tidak memungkinkan untuk memangsa bakteri jenis lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya.... bakteri ini tidak bisa memakan sesama jenisnya atau sesama Bdellovibrio. dia dapat memangsa bakteri gram negatif lainnya yang berukuran lebih besar darinya. bakteri ini menggunakan nutrien dari sitoplasma bakteri mangsanya untuk hidup dan berkembang karena nutrien tersebutlah makanannya.

      Hapus
  6. Atrikelnya manarik :) bakteri memburu bakteri waaw . ada yang saya ingin saya tanyakan mengenai paparan dalam artikel soudari zya “Meskipun dapat hidup pada manusia dan juga hewan, ingat! Bakteri ini hanya memburu dan menghisap nutrisi yang terkandung dalam bakteri gram negative lainnyaMeskipun dapat hidup pada manusia dan juga hewan, ingat! Bakteri ini hanya memburu dan menghisap nutrisi yang terkandung dalam bakteri gram negative lainnya” nah bila dia hidup di manusia/ hewan apakah ada dampak nya ? terimakasih zyah :)

    BalasHapus
  7. Mengenai artikel Anda diatas, Bdellovibrio adalah predator bagi bakteri lagi. Saya sangat tertarik dengan paragraf yang terakhir "Dengan begitu Bdellovibrio bacteriovorus merupakan kawan manusia selama yang dia buru adalah musuh manusia. Bakteri inilah salah satu kawan baik manusia karna dapat melumpuhkan bakteri lain patogen pada manusia dan juga hewan. Meskipun demikian tetap saja penggunaannya harus memperhatikan semua aspek agar tidak berbalik menjadi musuh manusia". Mengenai pernyataan tersebut, artinya Bdellovibrio dapat digunakan sebagai pengobatan. Dapatkan Anda memberikan contoh Penyakit apa yang ditimbulkan oleh bakteri apa, yang pengobatannya bisa dilakukakan dengan memanfaatkan menumbuhkan bakteri Bdellovibrio ini dalam sel yang diserang penyakit tersebut?, sebuah kanker misalnya, atau lain-lainnya. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti yang telah saya paparkan diatas.... bakter Bdellovibrio ini menyerang bakteri gram negatif patogen pada tubuh manusia.... seperti Salmonella thypi atau penyebab typus... bisa saja menggunakan bakteri Bdellovibrio untuk memyerang bakteri Salmonella agar lisis.

      Hapus
  8. Dari artikel diatas telah dijelaskan bahwa Bdellovibrio bacteriovorus merupakan kawan manusia selama yang dia buruk adalah musuh manusia. Bakteri inilah salah satu kawan baik manusia karna dapat melumpuhkan bakteri lain patogen pada manusia dan juga hewan. Meskipun demikian tetap saja penggunaannya harus memperhatikan semua aspek agar tidak berbalik menjadi musuh manusia. Mengenai penyataan tersebut, dari aspek yang bagaimana, bakteri ini dapat menjadi baik pada manusia? tolong dijelaskan. Terimahkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti yang sudah saya paparkan di atas.... bakteri ini dikatakan bakteri baik karna ia memburu bakteri patogen manusia dan unggas. Peneliti bereksperimen dengan dua jenis bakteri predator yaitu Bdellovibrio yang mengepung mangsanya dan berkembang biak di dalamnya. Juga Micavibrio yang melekat pada mangsa dan kemudian tumbuh di luar mereka, seperti semacam menyelubunginya. Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa bakteri ini bisa menyerang berbagai kuman manusia seperti Salmonella dan E. coli, meski belum jelas apakah mereka juga dapat menyerang mikroba yang telah resisten terhadap obat.

      Hapus
  9. hai ji, berdasarkan artikel saudari ji-a, yang ingin saya tanyakan adalah bahwa bakteri tersebut memiliki kemampuan untuk menyerang biofilm, bagaimanakah mekanisme nya atau tahap-tahapnya dalam menyerang biofilm tersebut? seperti yang kita ketahui bahwabiofilm itu memiliki struktur yang protektif yang sangat sulit untuk diberantasss. termiakasih siti muslimah

    BalasHapus
    Balasan
    1. sedikit berbagi informasi yang saya baca di http://netsains.net/2009/05/bdellovibrio-si-bakteri-vampir/
      Kadouri dan O’Toole pada tahun 2005 menemukan bahwa Bdellovibrio dapat digunakan untuk menyerang biofilm. Biofilm merupakan kumpulan berbagai bakteri yang membentuk struktur protektif sehingga mereka lebih sulit diberantas. Di alam, biofilm dapat ditemukan di berbagai tempat mulai dari permukaan bebatuan di sungai, permukaan pipa air, permukaan alat – alat medis, bahkan permukaan gigi kamu sendiri. Nah, pembentukan biolfilm terutama pada alat – alat medis seperti kateter jantung, dapat mengancam kesehatan pasien karena itu penemuan Kadouri dan O’Toole tersebut memiliki potensi aplikasi langsung.

      Hapus
  10. Wooiw Daebak sekali bakteri bdellovibrio ini yaaa....memberi sedikit informasi Ternyata bakteri ini di cina sudah di olah menjadi pakan antibiotik untuk ternak dan unggas dalam bentuk botololan 500ml/bottol dan 1000ml/bottol.. Info lbh lanjut dapat di buka di link http://indonesian.alibaba.com/product-gs/bdellovibrio-bacteriovorus-solution-212292762.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah... terima kasih kakak aida atas tambahan infonya.... akhirnya saya juga jadi tau, semoga bermanfaat...

      Hapus
    2. makasih banyak.
      artikelnya sangat bermanfaat,.. :)

      Hapus
  11. berdasarkan artikel diatas, saya setuju mengenai bakteri Bdellovibrio bacteriovorus sebagai predator bakteri lainnya.
    ingin sedikit menambahkan, berdasarkan sumber yang saya baca, bakteri umumnya menyebabkan infeksi. Tetapi, beberapa juga bisa melawan dengan memangsa sesama mikroba. Beberapa peneliti mulai menguji bakteri predator sebagai model hewan dan kultur sel. Spesies yang paling terkenal, Bdellovibrio bacteriovorus, ditemukan di dalam tanah. Bakteri ini menyerang mangsanya dengan melekatkan dirinya antara membran sel dalam dan luar host (bakteri inang), kemudian mulai tumbuh dengan filamen tiruan. "Ini seperti orang yang pergi ke sebuah restoran, mengunci pintu dan makan sepuasnya, kemudian pergi," kata Daniel Kadouri, seorang bakteriologi di Rutgers University di Newark, New Jersey. Bakteri inang akhirnya meledak dan melepaskan lebih B. bacteriovorus ke lingkungan.

    http://www.technology-indonesia.com/component/content/article/797-dedi-junaedi

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali kaka nunu... saya pun sudah membaca artikel referensi kakak.... terima kasih atas iinformasinya :)

      Hapus
    2. terima kasih kembali saudara Zia, artikel yang anda buat sangat memberikan wawasan baru bagi saya :)

      Hapus
  12. wah wahh daebak kk zia, merupakan informasi baru buat aku, si Bdellovibrio bacteriovorus pemburu bakteri gram negatif hehe. di satu sisi memang jd menguntungkan jika yang di buru itu bakteri patogen pada manusia ataupun hewan, namun bagaimana jika bakteri yang diserang itu merupakan bakteri menguntungkan contohnya saja E.coli yang ada pada usus manusia, itu menguntungkan kaan untuk membantu proses pembusukan makanan, jika bakteri Bdellovibrio bacteriovorus menyerang E.coli dan tidak ada pengendalian pertumbuhan si Bdellovibrio bacteriovorus, maka habislah E.coli yang ada di usus manusia, dan jadinya malah merugikan. Dan yang menguntungkan bagi ekosistem dr golongan Cyanobacteria yang dapat menambat nitrogen, bagaimana kalo diserang juga oleh Bdellovibrio bacteriovorus tanpa ada pengendaliannya? jadi bagaimana kk zia menanggapi permasalahn tersebut? apakah bakteri Bdellovibrio bacteriovorus bisa dikendalikan agar tidak menyebabkan kerugian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. super sekali pertanyaannya kakak tyah.... berdasarkan beberapa artikel yang saya baca... bakteri Bdellovibrio memang perlu difokuskan pengembangannya untuk membunuh bakteri patogen yang merugikan.... karnaseperti yang kita tahu kelemahan bakteri ini tidak dapat memilih mana bakteri baik dan mana bakteri jahat.

      Hapus
  13. Menarik sekali, ternyata jeruk makan jeruk ya :D

    Membaca artikel ini, timbul sebuah pertanyaan di pikiran saya, jika misalnya manusia terserang oleh bakteri patogen, lalu manusia tadi menggunakan bakteri Bdellovibrio untuk membunuh bakteri patogen tersebut sehingga bakteri patogen mati. Tanpa disangka-sangka, Bdellovibrio ternyata semakin berkuasa di tubuh manusia dan tak terkendali, lalu apakah yang harus dilakukan manusia tersebut agar terbebas dari Bdellovibrio? Jadi ibaratnya, keluar dari mulut singa, masuk ke mulut harimau. Serba salah :D
    Terima kasih atas kesempatannya untuk bertanya zia...

    BalasHapus
  14. Assalamu'alaikum..
    Dalam artikel Anda, Anda menuliskan bakteri Bdellovibrio bacteriovorus berukurang kecil sekitar sekitar 0.2 – 0.5 nm x 0,5-1,4 μm, lebih kecil dari bakteri lain tentunya. Mengapa ukurannya lebih kecil dari bakteri lainnya? Dan bukankah saat ia menghisap bakteri lain, ia akan semakin membesar. Lalu bagaimana Anda menjelaskan semua ini? Karna ia tak selamanya lebih kecil dari bakteri lainnya.
    Terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ukuran bakteri Bdellovibrio memang lebih kecil dari bakteri lainnya. maka dari itu ia pun diberi julukan si pemburu terkecil didunia. ketika dia menghisap nutrien dr inangnya... dia tidak membesar... tetapi ia membentuk bdelloplast yang ketika inangnya lisis... dia akan menjadi individu Bdellovibrio yang baru.

      Hapus
  15. wah ada-ada saja yaa bakteri predator bakteri ,
    berbagi informasi nih dari http://netsains.net/2009/05/bdellovibrio-si-bakteri-vampir/
    Bdellovibrio bukan hanya satu – satunya bakteri yang menjadi predator bakteri lain. Vampirococcus misalnya, juga hidup dengan cara yang serupa. Namun, predasinya dilakukan hanya dengan penempelan pada sel mangsanya. Ia akan menempel pada dinding sel bakteri tersebut lalu bereproduksi sembari menggunakan nutrien dari mangsanya. Karena hidupnya seperti ini, ia disebut epibiont (epi: di atas, bio: hidup). Daptobacter juga merupakan bakteri predator. Ia menghabiskan nutrien sel mangsanya dengan langsung menerobos masuk ke dalam sitoplasma sel dan membelah diri di situ.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju dengan kakak nur... memang Bdellovibrio ini bukanlah satu satunya bakteri predator bakteri lain...
      terima kasih kakak atas infonya :)

      Hapus
  16. waaaaww artikelnya bagus kaka......Apakah nutrisi utama Bdellovibrio bacteriovorus untuk memenuhi pertumbuhannya? Senyawa apa yang dapt memenuhi nutrisi untuk pertumbuhannya yang didapat dari memangsa bakteri lain? Terimakasih kk...^_^

    BalasHapus
  17. alhamdulillah ilmu baru....
    pada artikel zi tertulis bahwa Bdellovibrio bacteriovorus merupakan kawan manusia selama yang dia buru adalah musuh manusia. Bakteri inilah salah satu kawan baik manusia karna dapat melumpuhkan bakteri lain patogen pada manusia dan juga hewan. Meskipun demikian tetap saja penggunaannya harus memperhatikan semua aspek agar tidak berbalik menjadi musuh manusia.
    nah, yang ingin saya tanyakan, aspek apa saja yang perlu diperhatikan agar bakteri tersebut tetap pada fungsi utanyanya, yaitu sahabat manusia.. ?? :-D

    BalasHapus